Thursday, September 22, 2011

Iran Tolak Logo Olimpiade 2012, Mengandung Kata "Zion"

Komite Nasional Olimpiade Republik Islam Iran memprotes logo Olimpiade London 2012 yang dinilai rasis karena menyerupai kata Zion. Namun protes itu diabaikan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (1/3), Iran beranggapan logo berwarna merah muda dengan bayangan kuning itu bertuliskan "Zion". Kata yang berhubungan erat dengan Jerussalem, Israel.

Sekretaris Jenderal Komite Olimpide Nasional Iran Bahram Afsharzade mengatakan, "Logo ini jika dibaca dari atas ke bawah bertuliskan Zion. Hal ini sangat mengecewakan umat muslim. Kami mengimbau negara-negara Islam lainnya untuk melakukan protes."

Sedangkan jika dibaca dengan arah sebaliknya, logo Olimpiade 2012 terbaca "Izzo" merupakan single rapper Jay Z. Kontan, logo Olimpiade ini juga menuai protes hak cipta. Penggemar Jay Z juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang menggunakan nama single artis favorit mereka.

Kendati demikian, sebagaimana dikutip Reuters, Komite Olimpiade Internasional (IOC) tidak menggubris protes tersebut. IOC menyatakan, "Logo London 2012 mewakili figur 2012 itu. Tidak ada yang lain."

Seperti diketahui, logo yang diluncurkan pada tahun 2007 itu memperlihatkan angka 2012 dalam empat "bentuk".

Iran keberatan dengan logo tersebut karena jika dilihat lebih teliti membentuk huruf "Zion", yang mengacu pada bukit suci di Yerussalem, bukit yang diagungkan kaum Zionis dan sebagai cikal-bakal istilah Zionisme.

Banyak negara termasuk Iran menilai Zionisme sebagai simbol rasisme dan bertentangan nyata dengan semangat dan nilai-nilai sportifitas Olimpiade.

Sekretaris Jenderal Komite Nasional Olimpiade Iran Bahram Afsharzadeh, kepada kantor berita IRNA menyatakan, "Beberapa negara, termasuk negara-negara Islam, akan bereaksi pada logo yang rasis ini dan ini akan menjadi kematian bagi tujuan-tujuan Olimpiade di dunia".

Dalam surat protes yang diajukan kepada Presiden IOC Jacques Rogge, Komite Nasional Olimpiade Iran menyebutkan bahwa IOC telah mengabaikan isu-isu yang bisa saja mempengaruhi keberadaan beberapa negara, termasuk Iran.

Kecurigaan Iran ini memang tidak berlebihan. Pasalnya karakter maskot Olimpiade London 2012 juga sarat dengan simbol-simbol Zionisme. Hal itu terlihat pada maskot Olimpiade yang berbentuk model boneka bermata tunggal. Simbol mata tunggal itu sendiri sering diidentikkan dengan Mata Horus atau mata Dajjal sebagaimana yang terlihat dalam logo piramida bermata tunggal dalam uang pecahan 100 dolar AS. Sebuah logo yang kerap dikaitkan dengan sekte-sekte zionis seperti Freemason.
Share on :

0 comments:

 
© Copyright Panitia Hari Kiamat 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.