Thursday, December 8, 2011

China Siap Perang Lawan Amerika

Presiden China Hu Jintao memerintahkan angkatan laut berpacu dengan waktu mem­bangun persiapan perang. Beijing merasa terpojok dalam perebutan wilayah kawasan Laut China Selatan di tengah makin kuatnya kerja sama militer antara Australia dan Amerika Serikat (AS).
Perintah persiapan perang melawan AS itu dilontarkan Hu dengan gamblang dalam rapat dengan pimpinan militer China. Ini tidak seperti bia­sanya. Se­bab, yang sudah-sudah, perka­ta­an Hu hanya berupa isyarat.

“Kita harus memperkuat pa­sukan dan memperkokoh ke­amanan nasional dengan mem­percepat transformasi dan mo­dernisasi serta melakukan per­­sia­pan yang lebih matang un­tuk meng­hadapi peperangan,” kata Hu di hadapan anggota Komisi Militer Pusat Partai Komunis China, kemarin.

Pernyataan keras Hu menyu­sul perkembangan yang muncul dalam beberapa bulan terakhir menyangkut isu keamanan di Asia Pasifik. China dan Viet­nam serta Filipina belakangan ini bersitegang soal masalah batas-batas maritim di Laut China Selatan, yang kaya akan ikan dan sumber energi.
AS dan Australia pun berke­pentingan atas keamanan di Laut China Selatan. Bulan la­lu, AS berencana mengirim 2.500 pasukan Marinir dan pen­du­kung militer lainnya un­tuk di­tem­patkan di Australia bagian utara.
China tak mau kalah. Ne­ga­ra yang selama ini lebih ba­nyak di­perkuat angkatan darat dan telah me­miliki kapal Induk, ber­bicara tentang ambisinya untuk me­ning­katkan kemam­puan ang­katan laut yang masih di bawah AS.

AS bergeming menyambut persaingan China. Menurut AS, Cina memiliki hak untuk mem­pertahankan diri.

“Tidak ada yang mencari per­tengkaran di sini. Tentu saja ka­mi tidak akan iri terhadap ke­sempatan negara lain untuk me­ngembangkan pasukan ang­katan laut,” tukas juru bicara Pentagon George Little.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Mark Toner me­­nga­takan, transparansi akan mem­pererat hubungan militer antara AS dan China.

Belakangan ini, China me­mang kerap mempertanyakan dan mengkhawatirkan adanya rencana penambahan pasukan AS di wilayah Asia Pasifik pada 2012. China bahkan meres­pons­nya dengan mengadakan latihan perang di perairan Pa­sifik. 
Share on :

0 comments:

 
© Copyright Panitia Hari Kiamat 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.